.

.


KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT 
“BUMI PENATARAN“
KELURAHAN NGLEGOK
KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR
"Lebih dari sejuta orang telah beruntung karena sebuah informasi.Namun,lebih dari sejuta orang pula sengsara karena tertinggal informasi".

Visi KIM.
Terwujudnya  masyarakat Inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.


Misi KIM .
  1. Mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri.
  2. Meningkatkan Peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar anggota masyarakat  dan antara Pemerintah  dengan Masyarakat.
  3. Meningkatkan kemampuan Anggota KIM dan Masyarakat  dalam mengakses dan mengelola informasi untuk mengatasi kesenjangan informasi.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan aktifitas KIM dalam mendayagunakan informasi guna meningkatkan nilai tambah masyarakat dan menyerap / menyalurkan aspirasi masyarakat.
Tujuan Dan Sasaran Pembinaan .
Tujuan :
  1. Meningkatkan pola Pembinaan KIM sebagai wahana pembinaan sumber daya manusia.
  2. Meningkatkan koordinasi , integrasi dan sinkronosasi pembinaan KIM, secara terpadu dengan Instansi Pemerintah/ Swasta maupun Lembaga Organisasi lainnya.
  3. Meningkatkan Peranan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi Masyarakat.
Sasaran :
  1. Terciptanya pola Pembinaan KIM secara terus menerus dalam pengembangan sumber daya manusia.
  2. Meningkatkan  koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pembinaan KIM, secara terpadu dengan Instansi Pemerintah/ swasta maupun Lembaga Organisasi lainnya.
  3. Meningkatkan Peranan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarakat.

Tugas KIM .
  1. Mewujudkan Masyarakat aktif, peduli, peka, dan memahami informasi.
  2. Memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota, sehingga dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, Masyarakat dan Bangsa.
  3. Mewujudkan Jaringan Informasi sarat media komunikasi dua arah, antar kelompok masyarakat dengan pihak lainnya ( Pemerintah ).
Fungsi KIM .
  1. Sebagai wahana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada Pemerintah dan sebaliknya.
  2. Sebagai Mitra Dialog dengan Pemerintah dalam merumuskan kebijakkan Publik.
  3. Sarana peningkatan Literasi anggota KIM dan Masyarakat dibidang Informasi dan Media Masa.
  4. Sebagai Lembaga yang memiliki nilai Ekonomis.
Kedudukan & Sifat :
Berkedudukan di Kelurahan Nglegok, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Propinsi Jawa Timur.  Bersifat Mandiri ( bebas, tidak terkait dengan kepentingan Politik apapun) dan swadaya.

0 komentar:

Posting Komentar