.

.

Kepedulian sejumlah kalangan terhadap perempuan semakin meningkat. Salah satunya yang dilakukan Disnakertransduk Prov. Jatim. “Kami fokus pada perusahaan yang mempekerjakan perempuan,” kata Kepala Disnakertransduk Prov. Jatim Hary Soegiri kemarin (21/1).

Hary menjelaskan bahwa Disnakertransduk terus mendorong perusahaan-perusahaan untuk memberikan kesempatan kerja yang sama kepada perempuan seperti laki-laki. Menurut Hary, sekarang sudah cukup banyak perusahaan di Jawa Timur yang mempekerjakan perempuan. “Setidaknya lebih dari separo sudah menggunakan tenaga kerja perempuan,” ungkapnya.

Karena itu, pihaknya mendorong setiap perusahaan, pabrik dan instansi lain untuk menyediakan sarana dan prasarana yang ramah terhadap perempuan. Misalnya, ruang menyusui. Cara lain yang dilakukan adalah mengadakan Nakerwan Award. “Ajang ini semakin mendorong perusahaan untuk lebih peduli kepada perempuan.”

Dalam perhelatan tahunan tersebut, setiap perusahaan dinilai dari berbagai aspek. Mulai perusahaan itu harus mempekerjakan perempuan, komposisi perempuan yang sama dengan laki-laki, pemerian hak kepada pekerja perempuan baik hak hamil, melahirkan, maupun haid dengan gaji yang tetap dibayarkan, hingga memberikan fasilitas yang ramah kepada perempuan.

”Syaratnya memang cukup sulit sehingga tak semua perusahaan mampu masuk dalam penghargaan yang satu ini,” ungkapnya.

Selama 2010, hanya ada 19 perusahaan yang sudah memenuhi kriteria tersebut. Dia berharap, perusahaan juga lebih care terhadap perempuan serta segera memenuhi berbagai fasilitas yang ramah terhadap perempuan. ”Pekerja perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki,” tambahnya.

Sumber : JAWA POS, Sabtu, 22 Januari 2011

0 komentar:

Posting Komentar